Reader Comments

CV

by area seoku (2020-04-22)


Contoh Daftar Riwayat Hidup - Berikut akan dibahas tentang kesalahan yang paling sering ditemukan dalam CV profesional. Kesalahan ini dapat berakibat sangat fatal yang tidak hanya menurunkan CV Anda menjadi tidak profesionaltetapi dapat memperbesar kemungkinan CV tersebut berakhir di kotak sampah begitu baru mulai dibaca oleh pihak perusahaan.

1. Tidak menyertakan surat lamaran (cover letter)
Meskipun perusahaan yang dituju menyebutkan hanya meminta CV, bukan berarti Anda tidak perlu menyertakan surat lamaran. Tanpa surat lamaran, Anda seperti bertamu ke rumah orang tanpa permisi. Surat lamaran adalah bagaikan “salam pembuka / ucapan permisi” yang menyampaikan maksud dan tujuan Anda ketika mengirim CV. Surat lamaran harus dibuat singkat, padat, jelas, menarik, dan berkesan di mata penerima surat, dalam hal ini pihak perusahaan, agar mereka tertarik untuk menyimak CV Anda.

2. Tidak sesuai dengan kualifikasi
Sebagai contoh, Anda seorang wanita, sudah menikah, dan lulusan D3. Lalu Anda melamar untuk suatu posisi pekerjaan dengan kualifikasi “pria, lajang, lulusan S1”. Maka tidak perlu waktu lama bagi penerima CV untuk meletakkan atau bahkan membuang CV Anda di tumpukan dokumen tak terpakai atau ke tempat sampah.

3. Salah ketik atau salah eja
Jangankan Anda membuat kesalahan dalam pengetikan di banyak kata, salah mengeja satu kata atau salah penempatan tanda baca lebih dari satu kali saja sudah membuat penerima CV http://illinois-pcard.com/forums/user/riwayathidup/ menganggap bahwa Anda adalah orang yang tidak teliti. Harus diingat, tidak ada perusahaan yang mau mencari karyawan yang tidak teliti.

4. Template CV
Template CV mudah Anda temukan di internet. Kini memang sudah banyak sekali dapat Anda temukan contoh template CV yang baik dan benar. Tetapi bukan berarti Anda dapat menggunakannya untuk semua perusahaan yang dituju. CV seperti ini tidak akan membuat Anda lebih menonjol dari kompetitor jika Anda tidak meng-update isi CV Anda tersebut.

Lainya: Langkah Cara Melamar Kerja Secara Online

5. Hanya berfokus pada tanggung jawab, bukan peran
Ketika anda menjelaskan tentang pengalaman kerja, Anda terjebak hanya dengan menjabarkan tanggung jawab yang wajib dilakukan pada posisi tersebut. Umumnya tim HRD pihak perusahan telah memahami tanggung jawab setiap posisi profesi pekerjaan, hal terpenting yang ingin diketahui sebenarnya lebih kepada detail peran apa yang sudah Anda lakukan secara spesifik. Terlebih lagi jika Anda mencantumkan pencapaian suatu penghargaan atau prestasi pada posisi tersebut.

6. Terlalu lengkap atau detil
CV yang menuliskan pendidikan, pengalaman, serta minat yang terlalu banyak hanya akan memperlihatkan bahwa Anda sebagai orang yang tidak fokus dan tidak tahu penempatan. Idealnya, cukup Anda jabarkan hal-hal yang berkaitan dengan posisi yang sedang Anda lamar atau cantumkan hal-hal yang sekiranya memuat tentang prestasi atau capaian terbaik Anda pada kegiatan tersebut

7. Desain CV yang buruk
Desain CV yang buruk antara lain: bahasa yang monoton dan terlalu kaku, font tulisan yang kompleks dan kurang profesional, atau, kreasi yang terlalu berlebihan. Hal tersebut hanya akan membuat penerima CV terkejut dan mungkin langsung membuang CV Anda tersebut.